Kamis, 12 Januari 2012

Perangkat GPS dan siapa saja yang menggunakannya

Apa saja perangkat GPS dan siapa saja yang dapat menggunakannya?
GPS adalah singkatan dari Global Positioning System. Dalam bahasa indonesia artinya alat yang dipergunakan untuk menentukan suatu titik lokasi di muka bumi ini secara geografis dengan menggunakan bantuan satelit. Yang dapat menggunakan GPS adalah mereka yang memiliki alat GPS tentunya. Tetapi GPS dikhususkan untuk, sistem navigasi pesawat, laut dan darat, pemetaan dan geodesi, survei, sistem penentuan lokasi, pertanian, eksplorasi sumber daya alam, dan masih banyak lagi.

Perangkat GPS ada bermacam-macam dan umumnya tergantung dari tujuan dan aktivitas yang akan kita lakukan. GPS untuk udara (aviation GPS) akan berbeda arsitekturnya dengan yang akan kita gunakan untuk navigasi di darat/mobil. Secara umum perangkat GPS dibagi menjadi 3 (tiga) fungsi yaitu navigasi udara (aviation), laut (marine) dan darat (land).
Perangkat-perangkat tersebut adalah :
Segmen angkasa, Adalah satelit angkasa yang mengirimkan sinyal-sinyal GPS keseluruh dunia. Satelit ini tersebar di angkasa dengan berbagai titik yang diatur agar dapat mengcover sekluruh bagian dunia.
kontrol/pengendali, Ini sebagai server, segala berita dan informasi dicari disini dan dikrimkan melalui satelit untuk diterima pengguna GPS diseluruh dunia. Saat ini stasiun pusat pengendalinya terdapat di Colorado Springs, dan ada 5 stasiun pemantu lainnya, serta ada 3 antena yang tersebar di muka bumi ini.
dan pengguna. Setelah perangkat infrastruktur tadi sudah lengkap, tetntunya sudah siap digunakan oleh pengguna. Pengguna tinggal menyiapkan alat penerima GPS biasanya terdiri dari perangkat pnerima seperti prosesor, dan antena. Sehingga bisa menerima sinyal dari satelit GPS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar