Jumat, 30 Desember 2011

Pertama Kali yang harus dilakukan jika komputer / Laptop Kena Virus

Komputer kena virus??? Jangan di bawa ke tukang servis dulu selama masih bisa perbaiki sendiri khan lumayan uangnya bisa buat yang lain.
1. browsing dan cara mengatasi virus tersebut. Biasanya langkah sederhananya:
- Matikan file virus yang aktif bisa dari task manager atau menggunakan program process manager
- Hapus file virusnya
- Edit registry
- Scan dengan antivirus atau malware cleaner
2. Kalau sudah ketemu cara menghilangkan virusnya baru di scan dengan antivirus terupdate.
Tips lain buat yang mau sedikit ribet:
Pada dasarnya virus itu aktif ketika operating sistem (windows) sedang aktif. sehingga kita bisa menghilangkanya dalam keadaan OS non aktif caranya dengan menggunakan komputer lain.
1. Siapkan 1 komputer dengan Antivirus terupdate rekomendasi pribadi dari saya kaspersky. Usahakan komputer yang digunakan untuk membersihkan data-datanya sudah dibackup.
2. Lepas hardisk dari komputer yang terinfeksi. Jadikan hardisk sebagai slave atau jadikan removeable dengan bantuan converter SATA/IDE to USB.
3. Scan Hardisk yang terkena virus secara keseluruhan. Dengan cara ini file buatan virus ataupun file yang sudah terinfeksi virus dapat dibersihkan. Untuk membersihkan file yang terkena infeksi virus antivirus harus mampu melakukan repair terhadap file tersebut sehingga sangat penting untuk mengupdat database antivirus sebab dengan update terbaru maka antivirus yang dipakai memiliki database teknik pembersihanya.
4. Lakukan scan 2-3x untuk memastikan bahwa di hardisk yang terinfeksi sudah tidak ada lagi virus.
5. kembalikan hardisk ke komputer. Install antivirus dan update lalu scan kembali fungsinya untuk membersihkan script registry yang tertinggal oleh virus.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar