Jumat, 30 Desember 2011

Membuat Booting Ubuntu 11.10 Via USB Flashdisk Di Linux

Sejak rilis final Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot kemarin 13 Oktober 2011 para Linuxer khususnya para pengguna Ubuntu di seluruh dunia berlomba-lomba mendownload CD Image/ISO Ubuntu 11.10 baik yang versi Desktop ataupun yang Server, sesuai kebutuhan mereka semua.
Sarapan pada hari ini adalah bagaimana cara membuat bootable Live CD Ubuntu 11.10 dengan menggunakan media USB Flashdisk. Dengan ini kita tidak perlu lagi membeli CD Blank dan repot-repot untuk memburning lagi. Apalagi pengguna Netbook yang tidak ada CD Drive di Netbooknya.
Apa saja yang dibutuhkan?
- CD Image Ubuntu 11.10 Oneiric Ocelot.
- USB Flashdisk. Minimal berukuran 1 GB.
- Aplikasi Startup Disk Creator pada komputer lain yang menggunakan Linux.
Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :
- Setelah selesai mengunduh ISO. Jalankan aplikasi Startup Disk Creator. Klik “Other” dan pilih file ISO dimana anda menyimpannya.
- Pilih media Flashdisk anda dan Klik “Erase Disk” untuk menghapus semua file di Flashdisk anda atau lewatkan saja jika tidak.
- Klik “Make Startup Disk” untuk memulai prosesnya dan tunggu hingga selesai.
- Jika proses instalasi sudah selesai klik “Quit” dan restar komputer anda biarkan Flashdisk anda masih tertancap di komputer.  Setting Boot Order di BIOS komputer anda, pastikan USB Flashdisk anda pada urutan pertama. Simpan konfigurasi BIOS kemudian retart kembali komputer anda, jika berhasil anda akan masuk ke booting Ubuntu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar