Jumat, 30 Desember 2011

Cara Terbaik Menghindari Virus

Virus, spyware, trojan dan berbagai jenis serangan lainnya di dunia komputer menyebabkan kita sebagai pengguna komputer akan merasa terganggu dengan kehadiran virus, trojan, spyware tersebut. Hal ini karena tujuan utama dibuatkannya virus, trojan dan sejenisnya dalah untuk mengganggu sistem operasi yang sedang digunakan atau juga mengganggu aplikasi yang digunakan. 
Karena virus, trojan dan teman-teman keberadaannya hanya untuk mengganggu maka kita sebagai pengguna harus mencari cara untuk menghindari serangan virus terhadap komputer kita, dan berikut ini adalah cara terbaik menghindari virus, trojan, spyware dan serangan sejenisnya.

Pasang Password untuk Membatasi Akses Penggunaan Komputer
Komputer alangkah baiknya dipasang password sebagai pelindung komputer dari hak pakai yang tidak seharusnya, artinya agar siapapun yang mau menggunakan komputer tersebut atas sepengathuan kita sebagai pemilik atau pengelolanya atau juga pengguna utama. Cara ini mengantisipasi agar tidak semua orang boleh menggunakan komputer tersebut dan komputer tersebut tetap dalam pengawasan penuh oleh kita.
Hindari Penggunaan Flash Disk
Flash disk adalah salah satu media penyimpnan data yang banyak digemari karena media storage ini bentuk fisiknya kecil sehingga mudah untuk dibawah ke mana-mana. Oleh karena mudah untuk dibawa kemana-mana itulah maka prosentase kemungkinan untuk terjangkit atau terserang virus di komputer lain semakin besar.
Hindari flash disk yang saya maksud adalah kalau flash disk yang bervirus atau flash disk yang pernah digunakan di komputer lain. Apabila flash disk pernah digunakan di komputer lain maka langkah yang harus dilakukan adalah membersihkan terlebih dahulu flash disk sebelum digunakan.
Gunakan Antivirus yang Up To Date
Antivirus adalah langkah terbaik untuk melindungi komputer kita dari virus, trojan, spyware dan penyakit komputer sejenisnya, namun jangan hanya memasang antivirus kemudian sudah merasa aman, tetapi harus tetap melakukan update antivirus terbaru sehingga agar data virus dari antivirus tetap terkontrol oleh antivirus tersebut. Apabila tidak melakukan update maka kemungkinan besar apabila ada virus varian terbaru akan sulit dideteksi oleh antivirus tersebut.
Aktifkan Firewall Windows
Firewall adalah salah satu jenis perlindungan yang sudah disediakan oleh sistem operasi khususnya dalam rangka perlindungan komputer didalam sebuah jaringan (networking).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar